Makna Logo UGM Health Promoting University

Logo utama UGM Health Promoting University dikembangkan berdasarkan logo promosi kesehatan yang digunakan oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) sejak International Conference on Health Promotion yang pertama di Ottawa, Canada pada tahun 1986. Sesuai makna logo promosi kesehatan dunia, secara umum logo UGM Health Promoting University merepresentasikan ide bahwa gerakan health promoting university di UGM mengaplikasikan pendekatan yang komprehensif dan multistrategi.

Logo utama UGM Health Promoting University juga merepresentasikan implementasi 5 aksi utama promosi kesehatan (pengembangan kebijakan publik berwawasan kesehatan, penciptaan lingkungan yang mendukung kesehatan, penguatan aksi masyarakat untuk kesehatan, pengembangan keterampilan perorangan dan reorientasi pelayanan kesehatan), serta 3 strategi utama promosi kesehatan (enable, mediate dan advocate) dalam pengembangan UGM Health Promoting University.

Logo utama UGM Health Promoting University terdiri dari:

1. Lingkaran kecil berwarna biru dengan logo UGM di dalam lingkaran

Lingkaran kecil merepresentasikan strategi utama dalam pelaksanaan promosi kesehatan di UGM, yaitu “enable, mediate and advocate”. Penerapan ketiga strategi utama ini perlu dilakukan di berbagai area maupun tema UGM Health Promoting University. Warna biru dan logo UGM dalam lingkaran melambangkan kepercayaan, kehandalan, dan tanggungjawab UGM dalam mengemban strategi utama promosi kesehatan demi menciptakan lingkungan kampus yang mendukung gaya hidup sehat dan sejahtera sivitas UGM yang berkelanjutan.

2. Tiga sayap yang bersumber dari lingkaran kecil

Tiga sayap merepresentasikan 5 aksi utama promosi kesehatan sebagai bagian dari aksi UGM Health Promoting University, dengan rincian sebagai berikut:

a. Sayap paling atas berwarna hijau merepresentasikan berbagai aksi yang dilakukan oleh UGM Health Promoting University untuk menguatkan kapasitas, keterampilan dan aksi sivitas UGM dan masyarakat sekitar dalam melakukan pola hidup sehat. Sayap ini melebar hingga bagian luar dari logo merepresentasikan keluwesan, keramahan, dan kebijakan UGM Health Promoting University dalam merespon perubahan melalui pengembangan kebijakan publik berwawasan kesehatan yang berkelanjutan

b. Sayap tengah berwarna kuning merepresentasikan optimisme, kehangatan, dan kejelasan dalam visi, misi dan langkah UGM Health Promoting University untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan suportif demi peningkatan status kesehatan, baik fisik, mental maupun sosial sivitas UGM, serta masyarakat di sekitarnya.

c. Sayap paling bawah berwarna merah merepresentasikan ketegasan dan keuletan UGM Health Promoting University mengarahkan berbagai pelayanan kesehatan di lingkungan UGM ke arah preventif dan promotif.

3. Tulisan health promoting university di luar sayap dan tulisan Universitas Gadjah Mada di bagian bawah sayap merepresentasikan bahwa UGM Health Promoting University menyatukan berbagai aksi promosi kesehatan yang dilakukan oleh berbagai unit kerja maupun fakultas di lingkungan UGM dalam prinsip kolaborasi dan sinergi. Bagian ini juga merepresentasikan bahwa 3 strategi dan 5 aksi utama promosi kesehatan perlu diaplikasikan seluruhnya dalam pengembangan UGM Health Promoting University.

Selain logo utama, UGM Health Promoting University juga memiliki logo 8 tema. Logo 8 tema UGM Health Promoting University merepresentasikan tema-tema utama yang menjadi sasaran aksi dan program UGM Health Promoting University, yaitu:

  1. Peningkatan aktivitas fisik
  2. Pola makan sehat
  3. Kesehatan mental
  4. Literasi kesehatan
  5. Zero tolerance terhadap konsumsi tembakau, narkoba, dan alkohol
  6. Zero tolerance terhadap kekerasan, perundungan dan pelecehan
  7. Pembentukan lingkungan hidup sehat, aman dan disabled friendly
  8. Kesehatan reproduksi

Kedelapan tema tersebut dipilih dari berbagai tema HPU yang dirumuskan oleh Asean University Network – Health Promoting Network (AUN-HPN), dengan mempertimbangan budaya dan kearifan lokal Yogyakarta. Sementara itu, lingkaran biru besar yang mewadahi kedelapan tema tersebut menjadi simbol bahwa tema-tema kegiatan HPU UGM tersebut saling bersinergi dalam mewujudkan sivitas UGM dan masyarakat sekitarnya yang sehat dan sejahtera. Implementasi kedelapan tema tersebut dapat dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat sasaran.

Download:

  1. Logo-UGM-HPU-biru_tua
  2. Logo-UGM-HPU-biru_muda
  3. http://ugm.id/logohpu8tema
Tags: Logo

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*