Student Ambassador

Kelompok terbesar dalam civitas kampus adalah mahasiswa. Maka UGM juga menggandeng mahasiswa menjadi HPU Ambassador di tiap fakultas untuk dapat berpartisipasi aktif dalam mempromosikan kampus sehat.

Rekrutmen dan Pelatihan Angkatan I (2021)

Terdapat 144 mahasiswa aktif angkatan 2017-2021 yang mendaftarkan diri untuk kemudian dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang promosi kesehatan. Rekrutmen dibuka pada 7-13 Juli 2021. Selanjutnya, pelatihan diselenggarakan selama 7 sesi setiap hari Sabtu yang dimulai pada 1 Agustus 2021 dan berakhir pada 16 Oktober 2021.

Selain pengenalan apa itu HPU dan sejarahnya, mahasiswa juga dibekali topik "How to be Influencer", penjelasan 7 (tujuh) program prioritas utama HPU, serta topik khusus mengenai kesehatan mental dan bagaimana penanganannya. Pelatihan diakhiri dengan topik motivasi dan rencana aksi.

Angkatan pertama ini dapat menjadi cikal bakal kepengurusan mahasiswa untuk HPU masing-masing fakultas dan melakukan regenerasi aktif, berkolaborasi dengan BEM Fakultas dan berkoordinasi dengan Tim HPU Fakultas yang dikepalai Dosen atau Tendik. Pengurus HPU Pusat akan terus memfasilitasi pelatihan untuk angkatan berikutnya yang terseleksi.

Pengukuhan

Setelah mengikuti pelatihan, mahasiswa yang direkrut untuk menjadi HPU Ambassador tersebut perlu mendapat pengukuhan dari pimpinan universitas agar lebih percaya diri dalam menjalankan perannya.

Karena itu, pada pembukaan Dies Natalis UGM ke-72 tanggal 26 Oktober 2021, Rektor UGM melantik para mahasiswa tersebut yang diwakili oleh 20 mahasiswa sebagai Duta HPU serta 20 orang Mental Health First Aider dengan penyematan pin secara simbolis dan pemberian sertifikat.

Duta HPU berperan untuk ikut mempromosikan perilaku hidup sehat dan menjadikan kampus sebagai lingkungan yang sehat, sementara Mental Health First Aider diharapkan dapat membantu mahasiswa UGM yang memerlukan dukungan dalam kehidupan perkuliahan.

Inspiration of Healthy Lifestyle

Sebagai Duta Mahasiswa untuk HPU, apa sih peran mereka?

  • Role model bagi teman dan orang di sekitarnya,
  • Influencer gaya hidup sehat
  • Mental health first aider ke sesama mahasiswa
  • Kader penggerak kampus bebas asap rokok, NAPZA, kekerasan, perundungan, dan pelecehan
  • Membagikan pesan dan informasi kesehatan (wellness) ke sesama mahasiswa
  • Bersinergi dan berkoordinasi dengan Penanggung Jawab HPU tingkat Fakultas dalam kampanye dan implementasi program kampus sehat tingkat fakultas.

"Masih teringat jelas ketika saya bergabung dengan HPU UGM, dipertemukan dengan mahasiswa perwakilan seluruh fakultas dibekali pentingnya menjaga kesehatan fisik dan psikis. Tidak heran jika HPU UGM jadi ruang sambat kami yang malas olahraga, bingung mau cerita masalah akademik & percintaan ke mana, serta yang khawatir tidak dapat memberikan bantuan efektif pada teman yang sedang tidak baik-baik saja. Di sini kami belajar untuk menantang kemalasan olahraga dengan bergerak minimal 30 menit/hari. Semoga sehatku juga berarti sehat teman-temanku di Universitas Gadjah Mada."

Zahwa Islami, S.Psi

Ambassador Magister Psikologi Profesi Klinis (angkatan 2021)

Postingan Terkait

Nugas Bikin Stress, Bagaimana Cara Mengatasinya?

“Nugas, nugas, tipes.” Dewasa ini, kita kerap mendengar tiga kata tersebut yang sering kali diserukan oleh mahasiswa ketika sedang mengerjakan tugas perkuliahan. Banyaknya tugas yang dimiliki mahasiswa sudah menjadi hal yang lumrah ketika menjalani perkuliahan di perguruan tinggi. Tidak hanya ...

GamaFIT Talkshow: How to do Physical Activity and Manage a Good Diet

Sehubungan dengan program Leadership Project SP2KM 2022 dari Direktorat Kemahasiswaan, beberapa HPU Ambassador mengajukan proposal dengan tema “GamaFit: Pola Hidup Sehat Gen Z sebagai Peningkatan Produktivitas Generasi Penerus Bangsa.” GamaFit sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa, khususnya ...

GamaFit: Program Peningkatan Pola Hidup Sehat Bagi Mahasiswa UGM Residence

GamaFIT merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa, khususnya mahasiswa asrama Bulaksumur dan Santren UGM, untuk menerapkan pola hidup sehat seperti pola makan teratur, asupan bernutrisi, istirahat yang cukup, dan beraktivitas fisik. Kegiatan yang berlangsung dalam 30 hari ini ...