Bagaimana Rokok Menyebabkan Kecanduan?

HPU UGM. Merokok merupakan penyebab kematian utama yang dapat dicegah di negara berkembang. Hampir 5 juta kematian premature disebabkan oleh rokok. Menurut suatu penelitian, apabila permasalahan ini berlanjut, maka pada tahun 2030, rokok dapat membunuh seperenam populasi. Penghentian kebiasaan merokok masih sulit dilakukan karena adanya efek adiktif atau kecanduan dari senyawa-senyawa yang terkandung dalam tembakau. Di dalam tembakau, terdapat lebih dari 3000 senyawa, tetapi yang menimbulkan efek kecanduan paling kuat adalah nikotin.

Ketergantungan dapat didefinisikan sebagai keadaan dimana suatu zat dapat mengontrol perilaku. Ciri-ciri utama ketergantungan antara lain penggunaan suatu zat yang meimbulkan efek psikoaktif (efek pada otak yang dapat menimbulkan perubahan perilaku, emosi, persepsi dan kesadaran) yang memengaruhi perilaku pengguna.

Nikotin memiliki efek menyebabkan kecanduan karena dapat berikatan dengan reseptor asetilkolin nikotik yang terdapat pada saraf di otak. Aktivasi terhadap saraf ini akan mengakibatkan pengeluaran dopamin. Dopamin dalam otak meningkat sehingga memperkuat stimulasi otak dan mengaktifkan rewards pathway, yaitu pengaturan perasaan dan perilaku yang disebabkan karena adanya mekanisme tertentu di otak. Hal inilah yang menimbulkan keinginan untuk menggunakan nikotin kembali dan memicu ketergantungan fisik terhadap nikotin terjadi cepat dan hebat. Selain itu, dopamin sendiri merupakan senyawa kimia yang diproduksi oleh tubuh yang bertanggungjawab terhadap rasa senang, gembira, motivasi dan percaya diri pada manusia. Efek inilah yang diinginkan oleh perokok yang menyebabkan ketagihan. Sehingga apabila seseorang mengkonsumsi rokokĀ  secara terus-menerus maka akan meningkatkan kadar dopamin pada tubuh yang berakibat pada rasa kecanduan.

Kontributor: Pusat Informasi Obat Universitas Gadjah Mada

Tags: edukasi Rokok

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*

Comment (1)

  1. friizy 2 years ago

    cara ampuh berhenti ngerekok gmna