Menyusui dan Minum Obat Aman atau Tidak, ya?

HPU. Pada masa menyususi, ibu memberikan air susu ibu (ASI) sebagai nutrisi sehat yang sangat penting untuk bayi. Saat periode menyusui, tidak menutup kemungkinan ibu mengalami sakit atau terserang penyakit sehingga membutuhkan konsumsi obat untuk mengatasinya. Tetapi, apakah semua obat aman dikonsusmi ibu menyusui?

Terdapat dua alasan penyebab obat tidak aman dikonsumsi ibu menyusui. Pertama, karena obat tersebut dapat menghambat produksi ASI. Kedua, karena obat tersebut dapat masuk ke dalam ASI sehingga dapat memberikan pengaruh terhadap bayi yang disususi. Sebagian besar obat yang masuk pembuluh darah akan sampai di ASI, namun sebagian besar dalam kadar yang sangat sedikit dan tidak berbahaya.

Beberapa obat – obatan tertentu menjadi tidak aman dikonsumsi oleh ibu menyusui karena alasan diatas. Beberapa obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi atau dihindari saat periode menyusui, yaitu amiodaron dan garam emas (gold salt). Amiodaron adalah obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan irama jantung. Obat ini bertahan di dalam tubuh lebih lama dari obat lain (waktu paruh lama) dan mengandung iodin yang dikhawatirkan dapat membahayakan fungsi tiroid bayi. Garam emas (gold salt) merupakan obat yang digunakan untuk pengobatan rematik. Obat ini dapat menyebabkan gangguan ginjal, abnormalitas pada darah, serta timbulnya ruam pada bayi. Selain obat-obat tersebut, beberapa obat yang perlu dihindari oleh ibu menyusui, yaitu obat untuk kanker, antibiotik kloramfenikol, antibiotik tetrasiklin,  ergotamin (obat migrain), retionoid oral, dan obat-obat radioaktif.

Salah satu contoh obat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah paracetamol untuk meredakan nyeri. Peru diketahui meskipun sebagian besar obat aman dikonsumsi saat menyusui, namun penggunaan obat dalam periode menyususi tetap perlu dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter terkait waktu penggunaan serta pertimbangan risiko dan manfaat obat. Salam sehat!

Sumber

Hotham, Neil, and Elizabeth Hotham. “Drugs in breastfeeding.” Australian prescriber vol. 38,5 (2015): 156-9. doi:10.18773/austprescr.2015.056

American Academy of Pediatrics: The Transfer of Drugs and Other Chemicals Into Human Milk. Committee on Drugs. Pediatrics 2001; 108:3 776-789. Accessed January 25 at https://pediatrics.aappublications.org/content/108/3/776

 

Kontributor: Pusat Informasi Obat Universitas Gadjah Mada (PIOGAMA UGM)

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*