Peresmian Posbindu Fakultas Peternakan

(9/9/2022) Fakultas Peternakan UGM menyelenggarakan pembukaan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) yang diikuti oleh civitas academica dan tenaga kependidikan Fakultas. POSBINDU merupakan salah satu kegiatan dari kegiatan  8 Pokja HPU UGM yang berfokus pada peningkatan literasi kesehatan mengenai Penyakit Tidak Menular (PTM) untuk dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan UGM.

Sebagai universitas pelopor GERMAS di lingkungan perguruan tinggi, UGM berkomitmen untuk menjadi Kampus Sehat. Sekretaris HPU UGM, Dr. Supriyati, S.Sos., M.Kes., mengapresiasi terlaksananya kegiatan POSBINDU di Fakultas Peternakan UGM. “Komitmen Fakultas Peternakan ini sangat bagus, dengan mengadakan pelatihan bagi kader POSBINDU unsur dosen dan tenaga kependidikan, menyediakan alat-alat yang lengkap, dan harapannya kegiatan POSBINDU ini bisa rutin dilaksanakan,” papar Dr. Supriyati.

Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Fakultas Peternakan UGM, Prof. Ir. Yuny Erwanto, SPt., M.P., Ph.D., IPM., meresmikan pembukaan POSBINDU Fakultas Peternakan UGM sekaligus menyampaikan bahwa masalah kesehatan harus diperhatikan. “Kesehatan itu penting karena jika kita sehat maka segala sesuatunya akan lancar, baik pekerjaan maupun hal-hal di luar pekerjaan. Penting juga untuk mengatur pola makan yang less carbo, more protein,” tutur Prof. Yuny.

Di Fakultas Peternakan UGM sendiri, POSBINDU ini merupakan yang pertama kali diadakan dan menandai dibukanya POSBINDU di Fakultas. Pengecekan yang dilakukan adalah Indeks Massa Tubuh (IMT), meliputi berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut. Selain itu, juga periksaan tensi darah dan juga darah tepi yang meliputi gula darah, asam urat, dan kolesterol. Pemeriksaan dilakukan dengan sistem lima meja, yaitu Registrasi, Anamnesis, Pengukuran Antropometri, Pemeriksaan Klinis dan Biokimia, dan Identifikasi Faktor Resiko PTM.

Selain pemeriksaan kesehatan, senam aerobik juga turut memeriahkan kegiatan ini untuk memperingati Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS). Senam diikuti oleh civitas academica dan tenaga kependidikan yang juga melakukan pemeriksaan kesehatan. (Sekretariat/Prisil)

Repost from: https://fapet.ugm.ac.id/id/peresmian-posbindu-fakultas-peternakan-ugm/

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*