Buku Saku “Isi Piringku”

Buku Saku “Isi Piringku” bertujuan mengkampanyekan pola makan sehat dengan pemenuhan gizi seimbang bagi mahasiswa atau masyarakat secara umum. Konsumsi pangan masyarakat masih belum sesuai dengan pesan gizi seimbang. Hasil penelitian Riskesdas 2018 menunjukkan bahwa masih banyak penduduk yang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dengan jumlah yang kurang dari porsi ideal yakni hanya 4,6% penduduk usia di atas 5 tahun yang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sesuai standar (kategori memenuhi).

Buku saku Isi Piringku ini diusun dengan mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang yang bertujuan untuk memberikan panduan konsumsi makanan sehari-hari dan berperilaku sehat berdasarkan prinsip konsumsi anekaragam pangan, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik, dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal. Dalam 1 piring setiap kita makan, isilah 2/3 bagian dari setengah piring masing-masing untuk makanan pokok dan untuk sayuran, 1/3 bagian dari setengah piring masing-masing untuk lauk-pauk dan untuk buah. Dalam satu hari, kita dianjurkan untuk makan sumber karbohidrat 3-4 porsi, makan sayur 3-4 porsi, buah 2-3 porsi, makanan sumber protein hewani dan nabati 2-4 porsi. Selain itu, kita perlu membatasi jumlah gula dan garam dalam makanan kita, dan rutin mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari. Jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan.

Semoga buku saku isi piringku ini bermanfaat dan turut serta menjadi bagian dalam upaya edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat dalam mempraktikkan konsep gizi seimbang.

Unduh buku

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*