Buku Saku Pencegahan Penyakit Menular bagi Mahasiswa

Meskipun pada awalnya HPU ditujukan untuk melakukan program pencegahan penyakit tidak menular, namun dalam perkembangannya, HPU juga melakukan kegiatan untuk pencegahan penyakit menular. Perluasan kegiatan HPU dilakukan setelah COVID-19 masuk ke Indonesia dan dalam perjalanan kerjasama UGM dengan Kementrian Kesehatan, kebutuhan literasi tentang penyakit menular juga diperlukan. Oleh karenanya HPU berupaya mengembangkan literasi kesehatan mahasiswa dan civitas akademika mengenai penyakit menular, terutama penyakit menular dengan jumlah kasus yang tinggi.

Buku Panduan Penyakit Menular ini disusun oleh Kelompok Literasi Kesehatan dari mahasiswa Peminatan Perilaku dan Promosi Kesehatan Fakultas Kedokteran Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Universitas Gadjah Mada. Buku ini disusun untuk dapat digunakan sebagai salah media promosi kesehatan kepada mahasiswa, khususnya di lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada, terkait pencegahan terhadap penyakit menular yang sering dijumpai di sekitar kita. Buku yang berisi berbagai penyakit menular menjelaskan gejala dan tandanya, cara penularan, cara pencegahan ini dapat memberikan pengetahuan pada mahasiswa agar dapat melakukan tindakan pencegahan dan mencari pertolongan yang paling tepat untuk penyakit penyakit menular tertentu.

Selain itu, panduan ini juga dapat digunakan sebagai sumber informasi yang akurat, sehingga dapat menangkal banyaknya berita hoaks yang muncul di berbagai media sosial.

klik untuk unduh buku