Tentang Kami

Sambutan Ketua HPU

Selamat datang di web HPU – Health Promoting University atau dalam Bahasa Indonesia adalah Kampus Berbasis Promosi Kesehatan,  Universitas Gadjah Mada (UGM).

HPU merupakan sebuah pendekatan untuk menciptakan lingkungan belajar, budaya organisasi yang meningkatkan kesehatan, dan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi seluruh sivitas kampus, serta mendorong sivitas kampus untuk mengoptimalkan potensinya. HPU diinisiasi oleh Asean University Network (AUN) divisi promosi kesehatan. Sebagai salah satu anggota AUN, wakil UGM ikut merumuskan panduan untuk mengembangkan HPU di seluruh universitas di ASEAN pada tahun 2015-2018. Pada kesempatan tersebut, saya mendapat kesempatan untuk mewakili UGM bergabung dengan tim perumus tersebut.

Promosi kesehatan merupakan proses untuk mendorong orang untuk meningkatkan kendali dan meningkatkan keadaan kesehatannya (Ottawa, 1986). Berdasar definisi tersebut, promosi kesehatan memiliki fungsi advokasi untuk terwujudkan kebijakan yang berwawasan kesehatan, mendorong individu untuk mencapai potensi kesehatan yang optimal, dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat terhadap pencarian kesehatan. Oleh karena itu, universitas berbasis promosi kesehatan adalah universitas yang mendorong seluruh komunitasnya untuk hidup sehat sehingga sejahtera.

Berlandaskan latar belakang diperlukannya sebuah pendekatan agar seluruh komunitas sehat secara holistic, sesuai definisi sehat badan dunia (WHO), yaitu sehat fisik, mental, dan sosial, terhindar dari penyakit, baik yang menular maupun tidak menular, maka tujuan HPU ini antara lain adalah untuk 1) mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta masyarakat luas melalui kebijakan yang efektif dan inovatif, 2) mengarahkan kapasitas pengajaran dan penelitiannya ke arah kegiatan promosi kesehatan untuk mendukung perilaku sehat, dan 3) mengembangkan jejaring promosi kesehatan terpadu dan fasilitas yang bermanfaat bagi masyarakat.

HPU di UGM dideklarasikan pada bulan Juli 2019, terdiri dari tujuh kegiatan utama, yaitu literasi kesehatan, aktivitas fisik, pola makan sehat, kesehatan mental, toleransi nol untuk narkoba, tembakau dan alkohol, toleransi nol untuk kekerasan, perundungan dan pelecehan serta pembentukan lingkungan hidup sehat, aman dan ramah terhadap orang disabilitas. Setiap kegiatan dikoordinasi oleh sebuah tim dan disetiap fakultas juga ada penanggungjawab program. Seluruh kegiatan HPU di bawah tanggung jawab Wakil Rektor SDMA UGM.

Sejak dideklarasikan tahun lalu, sebagian besar fakultas telah menyelenggarakan aktivitas HPU dengan fokus yang beragam, sesuai kebutuhan fakultas masing-masing. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan tersebut seperti peningkatan aktivitas fisik, pengembangan posbindu (pos pembinaan terpadu), peningkatan pola makan sehat, pencegahan dan pengendalian masalah kesehatan mental, pencegahan bullying, pencegahan kekerasan seksual, dan sebagainya.  Kegiatan posbindu telah dilaksanakan di Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Fisipol, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Farmasi.

Divisi literasi kesehatan bekerja sama dengan InaHealth TV telah mengembangkan media edukasi kesehatan. Sebagian media dapat dilihat dan diakses melalui web HPU ini.  Informasi lainnya tentang keadaan kesehatan saat ini, kegiatan HPU, dan informasi terkait kesehatan, terutama pencegahan juga dapat dilihat dalam web kami.

Meskipun di awal kami fokus untuk mengembangkan kegiatan program pencegahan penyakit tidak menular, namun dalam perkembangannya, kami juga melakukan kegiatan untuk pencegahan penyakit menular, termasuk COVID-19.

Bekerja sama dengan tim tanggap COVID-19 UGM, tim pengendalian wabah UGM, Pusat Kedokteran Tropis, tim tanggap bencana, CPMH, Humas UGM dan tim yang ada di UGM, informasi terkait pencegahan dan pengendalian COVID-19 dapat Anda temukan di dalam web kami.

Media dan informasi terbaru tentang pencegahan dan pengendalian akan selalu kami perbarui dalam web HPU. Kami sangat senang dan merasa terhormat dapat membantu anda sekalian untuk menjadi lebih sehat dan bermanfaat.

 

Salam sehat,

Prof. Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., PhD

Ketua HPU UGM

 

Pengurus HPU UGM

Pengurus HPU UGM

Berdasarkan Keputusan Rektor UGM No 289/UNI.P/KPT/HUKOR/2022, tim HPU UGM periode tahun 2022 adalah: Dewan Penasehat : Rektor Universitas Gadjah Mada (ex-officio) Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset (ex-officio) Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan (ex-officio) Wakil Rektor ...

Logo HPU

Policy Brief

https://hpu.ugm.ac.id/policy-brief/